Ini Bagian-Bagian Bekisting Kolom Bangunan

Ini Bagian-Bagian Bekisting Kolom Bangunan

Dalam satu susunan konstruksi, bekisting kolom berperan untuk bentuk satu perancangan bangunan. Bekisting kolom direncanakan dengan menumpahkan beton di dengan beraneka mode. Dalam prosedurnya, bekisting kolom gunakan varietas yang dapat dilepaskan serta tak dapat dilepaskan dengan tanda-tanda penempatan yang cepat.

Bekisting kolom sendiri punyai beberapa sisi yang perlu. Semasing sisi punyai teknik penempatan sendiri. Tersebut disini beberapa sisi dari bekisting kolom serta teknik penempatannya:

Beberapa sisi Bekisting Kolom
Mengenai bagian-bagian dari bekisting kolom yang harus Anda ketahui:

Sepatu kolom (kicker)
Pengerjaan satu sepatu kolom sesuai berdasar pada gagasan bentuk tampang kolom. Material yang difungsikan normalnya merupakan kayu, paku, baut atau dua-duanya yang diperlukan untuk penyambung sambungan biar bentuk yang dibuat serius kaku.

Kicker terpasang di sisi basic kolom atau lantai melalui langkah dipaku. Tidak cuman gunakan material kayu, dapat juga gunakan dak beton dengan tinggi sekitar 5 cm atau bisa pula gunakan besi aluminium/siku. Arah pokok dari penempatan kicker yaitu untuk tempatkan cetakan atau bekisting kolom pada urutan yang betul.

Panel Cetakan/Bekisting (Shutter)
Beragam jenis material memang dapat diperlukan untuk panel cetakan atau bekisting. Tapi, yang umum difungsikan merupakan plywood. Ini sebab pemikiran unsur ekonomis dimana pemakaiannya yang dapat diperlukan empat hingga sampai 5 x serta permukaan beton yang dibikin condong bertambah halus.

Pengerjaan panel-panel untuk beberapa sisi cetakan atau bekisting kolom ditopang gunakan balok kayu dengan arah tega. Panel ini pula ditopang lewat cara horizontal dengan penguat horizontal berwujud klem yang sesuai dengan perencanaannya. Sisi yang harus dikasih perhatian bertambah merupakan bagaimanakah caranya menghadapkan antar panel biar membuat pojok yang bisa berbicara secara baik. Balok penguat tegak rata-rata gunakan balok kayu dengan ukuran serta jarak berdasar pada rencana.

Untuk sekarang, balok penguat tegak banyak difungsikan oleh perusahaan atau pabrik cetakan atau bekisting yang punya hak paten. Keuntungan dari pemanfaatan balok pabrikasi merupakan beratnya yang condong bertambah enteng, dimensinya seragam, bertambah kuat, awet, bertambah lurus, serta bisa diperlukan berulang-kali. Tidak hanya itu, balok penguat horizontal (klem) rata-rata pakai balok kayu yang dipres serta digembok atau dimatikan dengan paku.

READ  Bisnis Properti Mendapatkan Nafas Baru dengan Diberlakukannya New Normal

Balok horizontal ini mengikat dengan erat cetakan atau bekisting sekitar kolom. Balok horizontal juga berguna dalam pengecoran dimana berat agfegat basah dapat menghimpit panel plywood dilanjutkan pada penguat tegak. Sampai selanjutnya dapat ditahan oleh balok horizontal ini. Material lain yang bisa pula diperlukan pada proses ini merupakan klem baja.

Dalam usaha untuk bersihkan dari semua kotoran yang dapat memberikannya resiko kurang baik pada beton, pada satu diantaranya panel selayaknya disiapkan lubang pada basic panel. Lubang ini dia yang sangat mungkin untuk bersihkan sisi basic pada kolom sebelum proses pengecoran dijalankan. Lubang ini dia yang disebut cleanout hole yang sesuai menurut keperluan.

Penyangga (Braching)
Cetakan atau bekisting kolom harus disangga di seluruhnya arah untuk menjauhi pergantian urutan, utamanya pada waktu proses pengecoran. Material yang dapat diperlukan merupakan pipa besi, balok kayu, serta pipa-pipa scaffolding. Anda juga dapat sewa scaffolding kalau tak ingin susah.