Cara Mengatasi Pipa Limbah Macet dengan Tepat

Cara Mengatasi Pipa Limbah Macet dengan Tepat

Pipa dan perangkap limbah adalah bagian penting dari sistem drainase rumah Anda. Sebagian besar sistem modern menggunakan pipa dan perlengkapan plastik. Jika bak cuci, baskom, atau bak mandi Anda mengalir perlahan, coba perbaiki segera. Jika tidak, ini mungkin menjadi lebih sulit untuk diperbaiki.

Pipa limbah lebih besar dari pipa pasokan. Hand basin memiliki pipa saluran pembuangan limbah 32mm; mandi, mesin cuci, wastafel dan mandi pipa 40mm; dan toilet pipa 110mm (ukuran yang sama dengan tumpukan tanah modern).

Perbedaan penting lainnya adalah pipa limbah harus miring ke bawah dengan kecepatan setidaknya 20mm di setiap meter untuk memastikan air mengalir dengan bebas. Di masa lalu mereka terbuat dari timah, tetapi sistem modern hanya terbuat dari plastik. Tergantung pada jenis plastik yang digunakan, pipa-pipa tersebut dapat disambungkan dengan konektor push-fit sederhana yang berisi segel cincin karet, oleh konektor tipe kompresi dengan ‘zaitun’ karet, atau dengan pengelasan pelarut – menggunakan semen pelarut yang diformulasikan khusus yang melunakkan plastik. dan mengering untuk membentuk sambungan yang kuat dan kedap air.

Baca juga artikel ini: desain ruang tamu minimalis

Memotong, menyambung, dan memperbaiki pipa limbah

Potong pipa limbah plastik dengan gergaji besi, kemudian hapus gerinda di dalam dan luar dengan file setengah putaran sebelum Anda memperbaikinya. Fitting las-pelarut rapi tetapi permanen – jadi meskipun ideal untuk pekerjaan pipa yang terlihat, lebih baik menggunakan fitting kompresi di bawah dan di belakang bak cuci Anda sehingga Anda dapat memisahkannya lagi untuk pembersihan dan pemblokiran.

Saat Anda memasang pipa di sepanjang dinding interior atau eksterior, ada baiknya untuk menahannya dengan klip pipa bekas – yang bisa Anda dapatkan dengan berbagai warna dan ukuran. Gunakan colokan dan sekrup dinding untuk memasang klip ke dinding pasangan bata, atau pelekat dinding berlubang pada eternit. Jangan lupa untuk memeriksa pipa dan kabel yang tersembunyi sebelum Anda mengebor.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Asalkan kita paham teknik untuk mengatasi saluran pipa macet maka kita bisa memperbaikinya. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda.

READ  Tembok Anda Mudah Sekali Retak? Simak Tips Berikut Ini