Menilik Strategi Petani Atasi Harga Batu Bata Merah di Pacitan yang Anjlok

Menilik Strategi Petani Atasi Harga Batu Bata Merah di Pacitan yang Anjlok

Dalam beberapa saat ini harga bata merah di Pacitan, jatuh. Menurut Sutrisno, salah satu orang perajin bata merah di Kampung Wonogondo, Kecamatan Kebonagung, sekarang untuk seribu batu bata merah cuma dapat terjual dengan harga Rp 650 ribu.

“Itu harga dalam tempat, kalaupun tiba di tujuan cuma perselisihan Rp 50 ribu,” kata Sutrisno, waktu dijumpai di antara urusannya berkirim bata pesanan ke Pacitan, Rabu (27/11).
Menurutnya, awal kalinya harga bata merah masih terhenti di kira-kira Rp 700 ribu dalam tempat. Dan kalaupun tiba di tujuan amat murah dapat menggapai Rp 750 ribu.

Baca Juga :harga bata ringan

“Seluruh tergantung area pengiriman. Kalaupun kian jauh pastilah ada efek ongkos,” jelas pria yang telah hampir 20 tahun lebih menjalani usaha pengerjaan material bangunan memiliki bahan lempung (jawa) itu.

Menurutnya, harga bata merah di Pacitan lebih dikuasai keadaan perekonomian orang. Terpentingnya pembeli yang bertempat tinggal di tempat Kecamatan Ngadirojo serta Sudimoro. Lantaran hampir sebagian besar orang di 2 kecamatan itu tergantung hasil dari perkebunan cengkih.

“Waktu ini harga cengkih condong jadi menurun. Maka dari itu banyak orang yang menunda maksudnya untuk bangun atau melakukan renovasi huniannya. Jikalau ada yang bangun, mereka cenderung menunjuk bahan material yang lain. Seperti batako atau bata gampang pabrikasi. Itu yang amat mengubah harga batu bata merah turun,” ungkap pria kelahiran 1972 lalu ini di wadah.

Diberikan pertanyaan masalah omzet dari project fisik konstruksi, Sutrisno mengaku cuma dari sana dia dapat bertahan. Lantaran kalaupun memercayakan pesanan dari personal relatif kecil.

Artikel Terkait :batu bata

“Ya cuma dari pesanan pemborong, penghasilan batu bata merah kami masih dapat bertahan. Apa saja keadaannya, usaha ini tetap masih saya jaga. Dikarenakan menghasilkan boto (bata merah), anak hanya satu saya dapat usai sekolah serta sekarang dapat selamat berubah menjadi anggota Polisi di Polres Pacitan,” tukasnya senang.

READ  Yuk Intip Kegunaan Cold Storage