Rahasianya Gedung Balai Desa ini Tahan Gempa

Rahasianya Gedung Balai Desa ini Tahan Gempa

Bangunan Balai Kampung Jayapura, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya diklaim tahan gempa. Balai kampung ini berniat dibikin agar dapat mengendalikan getaran yang dipicu oleh kegiatan gempa bumi.

Di 2009 lalu, gempa menggetarkan Jawa Barat. Gempa itu menghancurkan lebih dari pada 11.939 bangunan. Tasikmalaya jadi satu diantara wilayah yang terpengaruh cukup kritis.

Baca Juga : Batako

Balai Kampung Jayapura sendiri merasakan kerusakan kritis di insiden gempa 11 tahun lampau itu.

Di saat bakal dibikin kembali lagi, Pemkab Tasikmalaya serta BPBD memuturkan buat membentukan balai kampung dengan prinsip bangunan tahan gempa. Nyaris 70 prosen bahan yang dipakai memanfaatkan kayu terpenting pada sisi landasan atap.

Balai Kampung Jayapura Kabupaten Tasikmalaya. [Ayotasik.com]
Kepala Kampung Jayapura, Suratman mengatakan, dinding balai kampungnya memanfaatkan batu bata serta anyaman bambu. Dan buat sisi atap, tak memanfaatkan genteng namun memanfaatkan hateup ke bahasa Sunda.

“Fondasinya gunakan kayu di lapis semen, dindingnya gunakan anyaman bambu. Seluruhnya prinsip ramah gempa, ” ujar Suratman, Rabu (18/11/2020).

Sebetulnya, lanjut Suratman, prinsip rumah penduduk Kampung Jayapura udah memanfaatkan ramah gempa. Perihal ini disaksikan dari banyak rumah yang seperti pentas serta dibikin semi tetap dengan bahan kayu, bilik bambu.

Simak Juga : harga batako hebel

Buat memperkuat satu kayu dengan kayu yang lain memanfaatkan paku.

“Sesungguhnya udah tahan gempa rumah penduduk di sini. Biasanya semi tetap. Waktu gempa pun yang hancur kritis malahan yang tempat tinggalnya itu tetap berdinding tembok,” kata Suratman.

READ  Jangan Lewatkan Bintang Pitch Perfect Jual Rumah Rp41 Miliar