Trik Memilih Warna untuk Ruangan di Rumah

Trik Memilih Warna untuk Ruangan di Rumah

Memilih warna untuk menghiasi ruangan rumah Anda sering kali bisa menjadi tantangan. Bagaimana Anda tahu warna apa yang cocok? Bagaimana Anda tahu jika Anda akan menciptakan suasana hati yang benar? Nah, ada ilmu di balik memilih warna yang tepat yang akan membantu Anda memulai perjalanan pilihan Anda. Muncul dalam bentuk roda warna.

Apa roda warna?

Roda warna memberikan representasi visual dari warna yang menyatu dengan baik. Ini menghapus semua dugaan. Sebagian besar model terdiri dari 12 warna, tetapi roda warna dapat diperluas untuk mencakup banyak warna.

  • Warna Primer: Merah, biru, dan kuning. Tidak dapat dibuat dari pencampuran warna lain.
  • Warna Sekunder: Oranye, Ungu, dan Hijau. Dapat dibuat dengan mencampurkan warna primer menjadi satu.
  • Warna Tersier: Enam warna yang dapat dibuat dari pencampuran warna primer dan sekunder.

Bagaimana dengan warna-warna netral?

Beberapa warna penting hilang dari roda warna: hitam, putih dan netral warna abu-abu, krem, krem ​​dan cokelat. Ini semua adalah bahan penting dalam palet warna apa saja dan dapat membantu melembutkan warna-warna cerah saat dipadukan.

Skema warna hangat dan dingin

  • Warna-warna hangat memajukan dan karenanya, membawa ruang. Sedangkan warna-warna dingin surut dan memperluas ruang.
  • Warna-warna hangat adalah pilihan yang baik untuk ruang sosial karena mereka dapat lebih merangsang untuk ruangan yang banyak aktivitasnya dan dapat membuat ruangan besar tampak nyaman.
  • Warna-warna keren adalah pilihan yang baik untuk kamar kecil yang Anda ingin terlihat lebih besar dan di mana privasi, konsentrasi dan istirahat adalah penting.

Baca juga: harga atap spandek per meter

Skema warna monoton

Skema monoton dibuat menggunakan warna yang sama di kedalaman yang berbeda-beda. Ini adalah salah satu skema teraman dan termudah untuk dikerjakan dan ringan dipandang mata.

Skema warna yang harmonis

  • Warna yang harmonis adalah warna yang berada di sebelahnya, atau sangat dekat dengan warna lain pada roda warna. Ini membentuk ritme dalam ruang.
  • Sangat penting saat menggunakan warna yang harmonis untuk mempertimbangkan proporsi setiap warna yang digunakan. Pikirkan tentang pemisahan warna dengan aturan 60/30/10.

Skema warna yang kontras atau komplementer

  • Warna gratis saling berlawanan pada roda warna dan kontras ketika mereka disatukan. Namun, ini tidak perlu untuk mencapai kontras.
READ  Permasalahan Umum Gangguan Listrik yang Harus Anda Pahami